Rabu, 06 Oktober 2010

MENGENAL IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH

A. APA ITU IPM???
IPM singkatan dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah. IPM adalah Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah, merupakan gerakan Islam, dakwah amar makruf nahi munkar di kalangan pelajar, berakidah Islam dan bersumber pada Al-Qur‘an dan As-Sunnah.

B. SEJARAH IPM
Sebelumnya, IPM merupakan salah satu bagian dari Pemuda Muhammadiyah. Pada tanggal 24-28 Juli 1960 M di Yogyakarta, bertepatan dengan Muktamar Pemuda Muhammadiyah II memutuskan bahwa Muhammadiyah akan membentuk organisasi khusus pelajar dengan nama IPM. Sehingga tanggal 18-20 Juli 1961 diadakan Konferensi Pemuda Muhammadiyah di Surakarta yang kemudian mendeklarasikan IPM dengan Ketua Herman Helmi Farid Ma’ruf dan Sekretarisnya Muhammad Hisyam Farid. Akhirnya, tanggal 18 Juli 1961 M bertepatan dengan 5 Shafar 1381 H ditetapkan sebagai hari kelahiran IPM.

C. MAKSUD DAN TUJUAN IPM
Terbentuknya pelajar muslim yang berilmu, berakhlak mulia, dan terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

D. LAMBANG IPM



Keterangan :
Perisai berbentuk segilima runcing di bawah merupakan reformasi bentuk pena. Ukuran satu banding tiga (1:3). Warna kuning berarti keagungan, putih berarti suci, merah berarti keberanian, hijau berarti kemakmuran dan harapan, hitam berarti keabdian, ketuhanan.
Gambar sinar matahari menunjukkan IPM adalah warga Muhammadiyah. Di dalam matahari terdapat tulisan surat Al-Qolam ayat 1 berbunyi ”Nuun Walqolami Wamaa Yasthuruun” yang artinya ”Demi pena dan segala yang dituliskannya”. Tulisan tersebut berwarna hitam yang merupakan semboyan IPM.
Huruf I-P-M berwarna merah dengan kultur hitam. Merah diartikan berani secara aktif menyampaikan dakwah Islam karena IPM merupakan pengembangan tugas pelopor, pelangsung, dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar